Follow Us on Twitter
PMI KABUPATEN SEMARANG MENYELENGGARAKAN KONFERENSI PMR I 2011
Konferensi Palang Merah Remaja (PMR) I diselenggarakan PMI Kabupaten Semarang dilaksanakan pertama kalinya pada hari, sabtu, 5 – 6 Maret 2011 di SMA Negeri 1 Ungaran. pembukaan dibuka oleh ketua PMI Kabupaten Semarang yang diwakili oleh ketua bidang SDM & Relawan dr. Epsilon Dewanto, MM., dan dihadiri oleh Kepala SMAN 1 Ungaran Dra. Halimah Ilyas, kesiswaan SMAN 1 Ungaran Dra. Anitaruastuti, Pembina PMR SMAN 1 Ungaran Dra. Rahmawati, MM., Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang yang diwakili oleh Ibu Siti Aminah.
Kegiatan ini diselenggarakan untuk meningkatkan pembinaan dan kwalitas anggota PMR serta jejaring komunikasi antar Unit PMR di Kabupaten Semarang. Konferensi diikuti oleh 11 Unit PMR dari 15 Unit PMR Wira yang telah masuk data base di Markas PMI Kabupaten Semarang, yaitu; SMAN 1 Ungaran, SMAN 2 Ungaran, SMAN 1 Ambarawa, SMA Islam Sudirman Ambarawa, SMA Sedes Sapientiae Jambu, SMK Widya Praja Ungaran, SMKN 1 Tengaran, SMK Telekomunikasi Tunas Harapan Tengaran, MAN Suruh, MAN Tengaran dan MA Al-Bidayah Candi Bandungan. Setiap Unit mengirimkan 2 Pengurus UNIT PMR terdiri dari 1 Ketua dan 1 anggota yang dipilih.

Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari dengan agenda pertama, perumusan Program Kerja Unit PMR Se Kabupaten Semarang. Setiap Unit PMR mempresentasikan program kerja Unit PMR-nya, selanjutnya dibahas dalam kelompok-kelompok kecil untuk didiskusikan dan dirumuskan bersama-sama. Kedua, Upaya Pengurangan Resiko Berbasis Remaja. Materi ini disampaikan oleh dr. Epsilon Dewanto, MM., terkait dengan pergaulan remaja saat ini sebagai upaya untuk membentuk kepribadian setiap anggota PMR yang sehat, cerdas, pedulisesama dan bertanggungjawab.

Ketiga, Pemilihan Koordinator Forpis PMI Kabupaten semarang periode 2011 – 2013. Pemilihan Koordinator Forpis menggunakan 2 (dua) tahapan. Tahab pertama setiap Unit PMR yang hadir (11 Unit) mengajukan wakil yang telah di di tunjuk kemudian setiap perwakilan menyampaikan orasinya terkait profil diri dan kegiatan PMR di Unitnya, untuk dilakukan pemilihan bakal calan (Balon) Koordinator Forpis sebanyak 4 (lima) bakal calon. 4 (empat) bakal calon yang terpilih yaitu : Mentari Astri Jayanti dari SMAN 1 Ungaran, Ade Rezky S. dari SMAN 1 Ambarawa, Albert Ghana Pratama dari SMA Sedes Sapientiae Jambu, Nur Kholis dari SMA Islam Sudirman Ambarawa. Selanjutnya ke empat calon terpilih di karantina untuk melakukan mediasi. Tahab kedua, keempat calon terpilih di berikan waktu 10 menit untuk menyampaikan orasi terkait visi – misi dan usulan program unggulan PMR. Seluruh calon terpilih setelah menyampaikan orasi di haruskan menjawab beberapa pertanyaan dari Fasilitator dengan menggunakan bahasa asing yang dikuasai (bhs. Inggris, arab, dll).

Pemilihan Koordinator Forpis kabupaten Semarang periode 2011 – 2013 melalui pemungutan suara dengan asas Langsung Umum Bebas dan Rahasia (LUBER) sesuai dengan jumlah peserta Konferensi PMR I PMI Kabupaten semarang yang hadis. Wal hasil, dengan uara terbanyak adalah Albert Ghana Saputra dari SMA Sedes Sapientiae jambu dengan perolehan suara : 13 Suara. Kedua, Mentari Astri Astuti : 5 suara, ketiga Nur Kholis dari SMA Islam Sudirman Ambarawa : 3 suara dan keempat Ade Rezky dari SMAN 1 Ambarawa : 1 suara.

Tugas pertama, dari Koordinator Forpis Kabupaten Semarang terpilih saat itu juga memimpin seluruh peserta Konferensi terkait program yang akan menjadi rekomendasi / usulan program kerja bagi pengembangan Pembinaan PMR di Kabupaten Semarang.

Kegiatan Konferensi ditutup dengan disertai serah terima jabatan Koordinator Forpis PMI Kabupaten periode 2009 – 2011 (yang bersifat sementara) dengan penyerahan bendera PMR kepada Koordinator Forpis PMI Kabupaten periode 2011 – 2013 terpilih dengan disaksikan oleh Staf SDM & Relawan, Seluruh Peserta dan KSR PMI Kabupaten Semarang. Dalam hal ini, Ibu Siti Aminah dari Dinas Pendidikan kabupaten Semarang menyambut baik adanya kegiatan ini bagi Anggota PMR yang seharusnya ada di setiap Sekolah, namun belum semua sekolah di Kabupaten Semarang ada ekstra PMR. Untuk itu perlu di buatkan MoU kerjasama antara PMI dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang secara khusus. (Kasema '11)

FOTO-FOTO KEGIATAN KONFERENSI PMR I PMI KABUPATEN SEMARANG 2011

UNGARAN, 5 - 6 MARET 2011

























































Category: 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar