Follow Us on Twitter

LATGAB KESIAPSIAGAAN BENCANA





Palang Merah Indonesia Kabupaten Semarang :
Kesiapsiagaan Bencana saat ini sangat diperlukan, apalagi dalam keadaan diwilayah  yang rentan akan bencana. Peranan Relawan PMI sangat dibutuhkan untuk membantu dan menolong masyarakat  yang terkena dampak bencana. Maka PMI Kabupaten Semarang dalam memperingati Hari Relawan PMI yang jatuh pada tanggal 26 Desember 2012, melaksanakan kegiatan Latihan Gabungan Kesiapsiagaan Bencana PMR Wira Kabupaten Semarang. 
Pembagian tugas dalam pengamatan dilapangan pada masing-masing kelompok
Pemberian Bantuan seperangkat alat-alat sekolah dan higienkids kepada keluarga yang tidak mampu (produktif).
Peserta mendengarkan arahan fasilitator Plan Of Action UPR Bencana
Pengamatan secara langsung di alam terbuka untuk mendapatkan pengetahuan tentang bencana
PMR membersihkan tenda yang kotor setelah semalam kehujanan
Peserta Latgab KSB membuat planing of action UPR Bencana
Kegiatan Latihan Gabungan Kesiapsiagaan Bencana tersebut dimulai dari tanggal 23-24 Desember 2012 dikemas dalam bentuk perkemahan ini bertempat di Perusda Agro Wisata Tlogo Tuntang Kabupaten Semarang. Tujuan diselenggarakan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kepekaan sosial anggota PMR dalam menghadapi bencana, selain itu anggota PMR Wira diharapkan menjadi penggerak dalam Upaya Pengurangan Risiko Bencana ditingkatanya. Demikian penuturan Fatkhurrohman, S.ThI. selaku staf bidang PMR & Relawan PMI Kab. Semarang.

Turut hadir dalam acara pembukaan Latihan Kesiapsiagaan Bencana yaitu Pengurus PMI Kab.Semarang, Camat Tuntang, Dinas Pendidikan Kab. Semarang. Dalam sambutannya dr.Epsilon Dewanto,MM. selaku Pengurus PMI Kab.Semarang bidang Organisasi & SDM, menyatakan “kami berharap dengan adanya Latihan ini yaitu Kesiapsiagaan Bencana dan sekaligus dalam rangka memperingati hari Relawan dapat memberikan manfaat kepada seluruh peserta”. dr. Epsilon juga berpesan kepada seluruh peserta “agar dalam kegiatan ini dilaksanakan dengan sungguh-sungguh tapi dengan santai dan ceria, dengan harapan materinya yang akan disampaikan di terima dengan mudah sehingga dapat diaplikasikan dalam dimasyarakat”. Kegiatan Latihan Kesiapsiagaan Bencana tersebut diikuti oleh KSR dan PMR Wira PMI Kabupaten Semarang.

Dalam kesempatan itu PMI Kabupaten Semarang juga menyerahkan bantuan kepada Masyarakat yang kurang mampu. Pemberian bantuan tersebut diserahkan secara langsung oleh Pengurus PMI Kab. Semarang, Camat Tuntang, Dinas Pendidikan Kab. Semarang yang dibantu oleh KSR. Selain pemberian bantuan, PMI Kabupaten Semarang dalam rangka memperingati hari Relawan bekerjasama dengan Pemerintah Desa Delik Kecamatan Tuntang menyelengarakan Penyuluhan Kesehatan, Donor Darah dan Cek kesehatan secara gratis di Aula Desa Delik Kecamatan Tuntang.  

Pada kegiatan ini peserta di berikan orientasi kepalangmerahan, tri bakti PMR dan pengetahuan tentang Pengurangan Risiko Bencana. Pada kesempatan itu juga peserta digali potensi untuk merencanakan program sebagai Upaya Pengurangan Risiko Bencana dengan kapasitas sebagai anggota PMR. Akhir dari kegiatan ini peserta melakukan simulasi UPR Bencana dan pengamatan di daerah yang rentan terhadap bencana di sekitar lokasi kegiatan.

Kegiatan ini sangat penting dan asyik bagi saya dan teman-teman anggota PMR untuk meningkatkan kepedulian anggota PMR terhadap lingkungan disekitarnya, sehingga jika terjadi bencana anggota PMR dapat merencanakan dan melakukan aksi nyata mengurangi dampak bencana terutama manusianya. Selain itu untuk refresh dan menambah banyak teman karena selama ini latihan PMR hanya di lingkup sekolah saja. Demikian penuturan Rusda Camelia (angggota PMR SMA N 2 Ungaran). [kf.kasema]





Category: 1 komentar

1 komentar:

PEMAINBOLA mengatakan...

terima kasih atas informasinya bosku , silahkan kunjungi situs kami bos ku di agen judi bola online dan nikamati semua bonus yang kami berikan. untuk informasi selanjutnya hubungi customer service kami di kontak yang kami sediakan di bawah ini :

Line : merdeka303
WeChat : merdeka303
Pin BBM : merdeka303

Posting Komentar